Air terjun cantik Curug Dendeng

Air terjun Curug Dendeng, merupakan wisata alam yang akan selalu melekat di pikiran Anda, jika Anda sudah pernah berkunjung ke tempat ini sebelumnya. Air terjun ini ada di daerah pesisir dari kabupaten Tasikmalaya. Untuk Anda yang sedang berlibur ke daerah Jawa Barat, boleh menyempatkan waktu mengunjungi air terjun ini, dijamin Anda tidak akan menyesal.

Jika mendengar pesisir Tasikmalaya, mungkin Anda terbayang-bayang dengan wisata pantai. Memang itu ada, tetapi jika Anda sudah bosan berwisata ke pantai, sekali-sekali tidak ada salahnya mencoba mengunjungi wisata air terjun. Dihiasi oleh pohon hijau yang rindang, memang akan sangat disayangkan jika Curug Dendeng sampai Anda lewatkan.

Air Terjun Curug Dendeng

Lokasi administrasi
Apabila dilihat dari sisi administrasi, lokasi dari air terjun Curug Dendeng yakni pada kampung Caringin, Ds Cikawung Gading, Kab Cipatujah.

Perjalanan
Anda tak perlu takut, karena kondisi jalan menuju objek wisata ini masih cukup bagus, walaupun didominasi oleh tambalan aspal. Kurang lebih waktu yang dibutuhkan adalah 3 jam, jika berangkat dari pusat kota Tasikmalaya. Jarak perjalanan 90 km.

Jika menggunakan kendaraan, akan cukup mudah. Sampai menuju Desa Cikawung Gading, di mana desa tersebut menjadi patokan apabila Anda hendak menuju air terjun yang satu ini. Sementara itu jalan masuk ke kampung Carigin dapat Anda temukan dekat dengan kantor kepala desa.

Sesudah tiba di kampung, Anda harus menitipkan kendaraan. Anda dapat menitipkan kendaraan Anda pada halaman warga. Tenang saja, karena warga di sana sudah mengerti dan mereka juga ramah-ramah, tidak akan ada masalah.
Baca juga : Desa Wisata Kalibiru DIY untuk pecinta keindahan alam
Berjalan kaki
Perjalanan berikutnya setelah menitipkan kendaraan harus dengan berjalan kaki. Anda akan melewati sungai juga pohon jati yang rimbun. Jika bingung, Anda dapat mengajak anak-anak warga kampung untuk menjadi pemandu.

Waktu perjalanan kurang lebih 30 menit dengan berjalan kaki. Anda juga harus melewati jalan menurun, jalan ini cukup curam, harap berhati-hati. Tetapi setelah tiba di air terjun Curug Dendeng, semua rasa letih Anda karena berjalan kaki akan sirna, karena air terjunnya benar-benar indah.

Jika Anda membawa baju ganti, maka Anda dapat mencoba berenang. Tidak masalah, karena cukup aman. Terkadang ada anak-anak warga sekitar yang berenang di dekat air terjun tersebut.

Tingkatan air terjun Curug Dendeng
Air terjun ini terbagi atas beberapa tingkatan. Untuk ke tingkatan berikutnya Anda harus turun. Setiap tingkatan memiliki keindahannya masing-masing. Dijamin Anda akan betah di lokasi tersebut, apalagi didukung dengan udara yang segar bebas dari polusi. Ketika di sini, Anda akan merasa seperti sedang melepaskan beban hidup yang cukup berat, sekaligus berolahraga. Ya, karena Anda harus berjalan kaki terus.
Baca juga : Objek wisata Banten yang wajib Anda kunjungi
Untuk peralatan yang dibawa, Anda bisa membawa baju ganti (Khususnya apabila Anda ingin berenang), atau sekedar merasakan dinginnya air di sana. Juga, bisa bawa cadangan minuman. Ketika tiba di lokasi air terjun, disarankan untuk melepas sepatu, karena licin, jangan sampai Anda selip dan jatuh.

Sebaiknya hindari berkunjung ketika musim hujan. Apalagi hujan juga akan ikut menentukan kondisi dari air terjun tersebut. Di mana debit air kala musim hujan akan lebih tinggi, selain itu air juga menjadi lebih keruh karena telah bercampur tanah. Di sini juga tidak ada penjaga, walaupun begitu, Anda harus sadar diri dengan jangan buang sampah sembarangan. Lestarikan tempat wisata air terjun Curug Dendeng ini dengan kesadaran dari diri Anda sendiri.

0 Response to "Air terjun cantik Curug Dendeng"

Posting Komentar

wdcfawqafwef