Cara Merawat Batu Kalimaya

Cara Merawat Batu Kalimaya - Mungkin banyak diantara pecinta batu kalimaya yang mencari cara merawat batu kalimayanya. Dari cara yang biasa maupun tidak biasa namun tujuannya yaitu untuk mempercepat naiknya kembang pada badan batu kalimaya tersebut. Untuk itu Brother Gemstones mau berbagi sedikit info bagaimana cara merawat batu kalimaya.

Banyak orang berkata bahwa batu kalimaya banten khususnya, dan mempunyai kembang tedeng (kembang yang masih harus dilihat menggunakan senter) atau yang belum mempunyai kembang sama sekali karena batu yang masih muda sehingga kembang pada batu belum naik ke atas.

Cara Merawat Batu Kalimaya

Dari pengalaman kami sendiri, pernah melihat salah satu batu kami yang tadinya polos sama sekali tidak ada kembang tiba - tiba menjadi jarong, padahal tanpa adanya perawatan. Oleh karena itu sebenarnya untuk kembang kalimaya tidak bisa kita tebak berapa lama waktunya maupun akan jadi keluar kembang atau tidak. Namun kami juga pernah mengamati untuk batu black opal baik yang berbadan abu atau solid muncul kembangnya tergolong cepat. Seiiring pemakaian kembangnya jadi bertambah sendiri, atau jika tidak dipakai bisa direndam dengan air.

Berikut ini adalah rangkuman beberapa cairan yang biasa dipakai untuk treatment  atau merawat batu kalimaya. Namun percobaan ini hanya pernah dicoba pada batu kalimaya banten. Tips ini tidak akan cocok untuk batu kalimaya luar lainnya seperti Batu kalimaya afrika, kalimaya australia, kalimaya brazil, kalimaya ethiopia, kalimaya mexico, kalimaya virgin valley usa, kalimaya nodule, dll sebagainya.

Dari percobaan kami sendiri kami menggunakan berbagai cairan seperti :

Minyak kelapa

Minyak zaitun

Minyak angin freshc*ar*.

Air Hujan.

Air Oxygen.

Air Biasa.

Balsem.

Air Teh. Untuk batu kalimaya bunglon sangat tidak direkomendasikan ya karena nanti warna batu jadi mengikuti warna teh.

Dari beberapa cairan tersebut, jika anda ingin mencoba cukup merendam batu kalimaya anda pada cairan yang kami sebutkan diatas. Dari percobaan kami semua batu dengan menggunakan cairan diatas baik - baik saja walaupun kita tahu perawatan yang terlalu ekstrim bisa menyebabkan keretakan pada batu kalimaya.

Namun karena struktur batu yang berbeda beda tidak ada jaminan keamanan untuk semua batu. Do with your own risk. Jika anda mau bermain aman cukup menggunakan air bersih, air hujan, air oxygen, air teh atau minyak.

Nah sementara itu dulu aja share dari brother gemstones..

Mungkin ada tambahan dari kalimaya lovers dan sepuh perbatuan lainnya silahkan comment..

Anda juga bisa membaca tentang cara merawat batu black opal sempur

10 Responses to "Cara Merawat Batu Kalimaya"

  1. Assalamuallaikum.. mo berbagi pengalaman ni utk Brogems. Dulu ane pernah punya kalimaya Teh yg dah full kristal sebesar 2x biji salak.. krn blm da kembangannya ane rendem deh sama campuran air hujan+air kelapa ijo+minyak kayu putih.. sudah hampir sebulan baru ane buka.. eh ngataunya kalimaya ane malah getas.. alias rapuh.. pas di pegang malah hancur berkeping2.. nyesel abis... intinya jangan rendam dengan air minyak kayu putih atw minyak angin.. krn zat2 na yg panas bisa membuat rapuh susunan sillica dari opal. Smoga bs bermanfaat. Thanks.

    BalasHapus
  2. gan gimna caranya kalo pesen bongkahan kalimaya black ovalnya??
    tapi yang full black oval,,,and berapa harga perfaketnya?? saya pecinta black oval

    BalasHapus
  3. Untuk berbelanja langsung ke menu shop pada bagian atas gan..
    Setelah menemukan produk yang diinginkan pilih add to cart atau lebih jelasnya bisa melihat panduan di > http://brothergemstones.com/panduan-cara/

    Regards
    brothergemstones.com

    BalasHapus
  4. Gan numpang nay ni..ane punya kalimaya susu gmana cra supaya keluar warna2 gt

    BalasHapus
  5. Silahkan dibaca gan artikelnya

    Mungkin agan bisa coba menggunakan beberapa cairan yang telah disebutkan diatas.

    dan yang seperti Bro Adjie sebutkan mungkin agan bisa mengeliminasi untuk pilihan minyak kayu putih atau minyak angin.

    Semoga bisa membantu

    Regards
    brothergemstones.com

    BalasHapus
  6. Gan bisa gk klo cara beli nya COD an ? saya tinggal di daerah bogor.

    BalasHapus
  7. Bisa gan.. :)
    Alamat tertera dibawah..
    Tinggal konfirmasi sebelum datang melalui telfon, sms atau bbm.
    Terima Kasih.

    BalasHapus
  8. saya punya kalimaya susu bunglon klo di rendam jadi bening..trus saya coba rendam dengan air teh di biarkan 1minggu ternyata dia menyerap ari teh tersebut dan berubah warna jadi coklat kehitaman dan jarong jadi terlihat jelas sekali..ini membuktikan batu kalimaya bunglon merupakan 90% mengandung mineral jadi dia dapat menyerap semua cairan serupa..silahkan di coba bagi yang punya kalimaya bunglon gan..ini saya sedang mencoba mau di rendam di susu strawberry ato nutrisari siapa tau dia bisa menyerap jadi ga bosen bisa ganti warna sesuka hati gan hehehe...selamat mencoba!!!

    BalasHapus
  9. Gan..brp harga per Carat kalimaya susu utk berat minimal 10crt?? Tks

    BalasHapus
  10. Tidak pasti gan, tergantung kembang juga untuk penilaian harga..

    BalasHapus

wdcfawqafwef